Indonesian Film Critics

 
Random Article


 
Don't Miss
 

 

Sumiati (2015)

 

 
Overview
 

Genre:
 
Release Date:
 


0
Posted December 11, 2015 by

 
Full Article
 
 

Sumiati-Poster

Critics Review: NA (0 review)
Film Bloggers Review: NA (0 review)

SYNOPSIS

Kisah tentang hantu Sumiati yang melegenda selama berpuluh tahun kini ‘hidup’ kembali. Cerita tentang Hantu Sumiati punya banyak versi. Film ini merangkum cerita yang ada dalam masyarakat Makassar dan sekitarnya, dalam sebuah film horror yang tidak biasa. Ada ketegangan, ketakutan, tapi juga penuh air mata.

Sumiati diperankan oleh aktris penuh talenta, Dinda Surbakti. Hidup dalam kesederhanaan, Sumiati yang jelita, menjadi anak yang patuh dan penurut pada orangtua. Suatu hari, ia dijodohkan dengan seorang pelaut. Pesta meriah dalam adat Bugis Makassar dilangsungkan. Sumiati berjanji akan setia meski suami yang duduk di pelaminan adalah pria pilihan ibunya.

Toh nasib baik tak berpihak pada Sumiati. Tiga hari setelah pesta pernikahan, ia diperkosa empat pemuda. Di tangannya masih tergambar lukisan henna. Sumiati masih menyimpan janji setia pada sang suami. Peristiwa mengerikan itu menjadi mimpi buruk hingga akhirnya Sumiati memilih jalan sendiri; gantung diri demi sebuah harga diri.

Sejak awal film, penonton sudah dikejutkan dengan hantu laki-laki yang selalu muncul dalam mimpi Jeyhan Kler. Jeyhan memerankan adik salah satu pemerkosa Sumiati. Peran Jeyhan cukup penting karena dari rasa penasarannya ia akhirnya menemukan lelaki (Abd Rojak) yang hidup menyendiri di salah satu kampung di Kabupaten Maros, Sulsel.

Dari cerita yang dituturkan Rojak, Jeyhan akhirnya tahu dan paham kenapa roh kakak kandungnya yang dibunuh dengan cara tragis tak pernah tenang di alam kubur. Jeyhan jauh-jauh datang dari Jakarta untuk menyingkap kisah yang terkubur bertahun-tahun silam itu. Tentang hantu perempuan cantik yang gentayangan dan balas dendam pada pemerkosanya. Di sinilah, ujian keikhlasan seorang suami yang masih terus diikuti roh istri tercinta benar-benar tergambarkan dengan sempurna. Bahwa cinta dan keikhlasan sesungguhnya tak terpisahkan. Bahkan oleh maut sekalipun.

General Information

Director: Syahrir Arsyad Dini
Scriptwriter: Syahrir Arsyad Dini, Andi Iqbal Latief, Sunarti Sain
Cast: Dinda Surbakti, Abdul Rodjak, Jeyhan Kler, Ade Arfianty
Running Time: 86 minutes
Release Date: 26 November 2015

Full Cast and Crew

Not available.

 

CRITICS REVIEW

Update in progress.

 

Last Updated: 12 December 2015


0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response


(required)