Indonesian Film Critics

 
Random Article


 
Don't Miss
 

 

Tiga Dara (1956)

 

 
Overview
 

Genre: ,
 
Release Date:
 


0
Posted August 15, 2016 by

 
Full Article
 
 

TigaDara-Poster

Critics Review: NA (0 review)
Film Bloggers Review: ★★★★1/4 (4 reviews)

SYNOPSIS

Mengisahkan tiga kakak beradik perempuan yang tinggal bersama Nenek dan Ayah mereka. Kakak tertua (Nunung) baru saja genap umurnya 29 tahun yang membuat si Nenek begitu bimbang, umur hampir tiga puluh tetapi belum juga menemukan jodohnya. Sifatnya yang tidak mudah bergaul dengan lelaki sungguhlah bertolak belakang dengan adik-adiknya (Nana dan Nenny).

Si Ayah tidak ambil peduli karana kesebukannya, tetapi dengan ancaman dan permintaan terakhir si Nenek sebelum ajalnya sampai, terpaksa dia mengambil tindakan dan berusaha mencarikan jodoh untuk Nunung. Sayangnya, perangai Nunung yang tidak peramah membuatnya sukar diterima dikalangan teman-teman lelaki Nana dan Nenny.

Suatu hari ketika sedang berjalan di pasar, Nunung tertabrak sepeda motor yang dikendarai oleh seorang pemuda bernama Toto. Nunung yang kesal tak henti memaki, Toto yang menawarkan untuk menghantar pulang sebagai usahanya memohon maafpun ditolaknya.

Tidak mengalah, Toto mengikuti Nunung yang menaiki becak pulang ke rumahnya untuk datang kembali keesokan harinya meminta maaf dengan berbekalkan bunga. Namun Nunung masih tidak menerima justru menolak kehadiran Toto dengan kasar.

Nana melihat Toto sebagai pemuda yang berwibawa, jatuh hati sejak pertama kali bertemu, ia pun berusaha mendekatinya. Toto kemudian rapat dengan Nana yang mana ini membuat Nunung cemburu. Bagaimanapun, rasa ego Nunung lebih tinggi dibandingkan dengan sukanya dia kepada Toto.

Toto yang masih mengharapkan Nunung, coba mendekati Nunung melalui Nana. Namun karana keakraban Toto dengan Nana, hingga membawa terjadinya pertunangan.

Si Nenek begitu terkejut dan menolak pertunangan tersebut. Menurutnya, jika Nana kahwin dulu dari Nunung, Nunung akan jadi perawan tua seumur hidup. Nana begitu marah pada Nunung, dan ini menyebabkan drama yang menarik dalam kisa persaudaraan mereka.

General Information

Director: Usmar Ismail
Scriptwriter: Usmar Ismail, M Alwi Dahlan
Cast: Chitra Dewi, Indriati Iskak, Mieke Wijaya, Rendra Karno, Fifi Young, Hassan Sanusi, Bambang Irawan, Roosilawaty
Running Time: 115 minutes
Release Date: 11 August 2016

Full Cast and Crew

Not available.

 

BLOGGERS REVIEW

CANDRA ADITYA (That Candra Aditya Kid)

It’s romantic, it’s super duper funny, and it’s beyond kewl. Rating: NA

DJAY (So-Called Reviewer)

I loooooovvveeeeeeeee Tiga Dara. Rating: ★★★★

JOSEP ALEXANDER (Postingan Biasa)

Buat gue hasil restorasi 4K untuk Tiga Dara bagus. Filmnya menghibur. Aktris Mieke Wijaya singset dan cantik banget! Bak model badannya. Rating: NA

RASYID HARRY (Movfreak)

Sesungguhnya Tiga Dara amat relevan bagi kondisi masa kini. Paparan konflik percintaan hingga keharusan menikah berujung perjodohan tetap relatable karena sekarang pun masalah-masalah serupa masih kerap kita temui. Begitu pula presentasi tentang kuatnya sosok wanita. Nunung, Nana, Nenny, bahkan sang nenek mampu membuat para pria bertekuk lutut, menuruti mereka dalam bermacam bentuk. Mereka manis, lembut, lovable tanpa pernah kehilangan kekuatan. I’m in love with them, I’m in love with this classic! Rating: ★★★★1/2

REINO EZRA ANRETI (Ajirenji Mindstream Reviews)

Tiga Dara mungkin pionir komedi roman-keluarga yang, for better or worse, masih jadi pakem sampai sekarang. Senang bisa nonton restorasinya. Fun! Rating: ★★★★

TAUFIQUR RIZAL (CineTariz)

60 tahun berlalu dan topik obrolan Tiga Dara masih sangat relevan sampai sekarang. Tolok ukur kebahagiaan seseorang dinilai dari pernikahan. Rating: ★★★★1/2

 

Last Updated: 15 August 2016


0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response


(required)