Indonesian Film Critics

 
Random Article


 
Don't Miss
 

 

Untuk Angeline (2016)

 

 
Overview
 

Genre:
 
Release Date:
 


0
Posted July 28, 2016 by

 
Full Article
 
 

UntukAngeline-Poster

Critics Review: NA (0 review)
Film Bloggers Review: ★ (2 reviews)

SYNOPSIS

Samidah seorang perempuan desa di Banyuwangi, dan ia sedang mengandung bayinya berusia 8 bulan. Karena himpitan ekonomi rumah tangga, maka ia memutuskan pindah ke Bali ikut dengan suaminya yang bekerja sebagai kuli. Namun waktu tak berpihak pada pasangan Samidah dan Santo saat mereka melahirkan anak perempuan yang cantik. Kedua pasangan itu tak sanggup melunasi biaya administrasi untuk menebus bayinya. Sampai akhirnya Santo bertemu dengan John dan Terry yang menebus biaya administrasi sekaligus mengadopsi bayi mereka dan diberi nama Angeline.

John begitu sayang terhadap Angeline meskipun ia mempunyai anak laki-laki bernama Kevin dari pernikahannya dengan Terry. Kebahagian Angeline pupus sirna saat gadis itu berusia 5 tahun, karena meninggalnya John. Semenjak itulah semua keadaan berubah, Angeline diperlakukan tidak adil dan selalu terintimidasi oleh perlakuan Terry dan Kevin hingga Angeline berusia 9 tahun. Bertahun-tahun gadis kecil itu mengalami hal buruk atas perlakuan ibu dan saudara tirinya sampai akhirnya tersebar berita kehilangan Angeline.

Disisi lain setelah sekian tahun Samidah bekerja di luar kota, ia memutuskan untuk pulang ke Bali dengan harapan bisa bertemu dengan Angeline. Namun semua keadaan tak seperti yang ia bayangkan. Santo telah bersama dengan wanita lain, dan berita hilangnya gadis kecil bernama Angeline itu sampai ke telinga Samidah. Sampai suatu malam hati Samidah hancur, saat ia mendapat kabar bahwa Angeline ditemukan meninggal. Angeline yang belum sempat mengetahui ia sebagai ibunya telah tiada. Dan hari ini hingga entah kapan, Midah akan berjuang hingga tahu siapa yang sebenarnya tega membunuh anak perempuan manis itu.

General Information

Director: Jito Banyu
Scriptwriter: Lele Laila Nurazizah
Cast: Kinaryosih, Naomi Ivo, Teuku Rifnu Wikana, Roweina Umboh
Running Time: 100 minutes
Release Date: 21 July 2016

Full Cast and Crew

Not available.

 

BLOGGERS REVIEW

DJAY (So-Called Reviewer)

Disclaimer: “terinspirasi” ini trickyWhy Angeline? Why Bali? Why abusing the fact? Gak ada yang salah sama ceritanya yang sinetron banget dengan drama lebay dan musik yang lebay. Kalau ada yang merasa “nyaman” dalam artian, “Oh, ini film bagus nih,” ya, sah-sah saja. Tapi gue gelisah sepanjang nonton. Rating: 1/2

RASYID HARRY (Movfreak)

Patut disayangkan, karena Untuk Angeline bukan film sampah asal jadi tanpa memperhatikan teknis sinematik. Akting beberapa penampil cukup solid khususnya, Kinaryosih yang mempunyai kedalaman alih-alih overacting dalam interpretasinya bagi penderitaan Samidah. Letupan emosi Teuku Rifnu Wikana menjelang akhir film berpotensi menyayat hati, sama halnya heartwarming performance dari Naomi Ivo yang bisa saja menggaet simpati andaikan penuturan filmnya lebih memperhatikan pembangunan konflik serta karakter. Menjelang kredit akhir, terdapat pernyataan bahwa Untuk Angeline bertujuan membangkitkan kesadaran penonton, tapi sepanjang film saya cuma bisa merasakan ambisi mengeruk keuntungan hasil eksploitasi kesedihan nasib tragis seseorang. Rating: ★1/2

 

Last Updated: 28 July 2016


0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response


(required)