0
Posted August 30, 2015 by admin in News
 
 

Los Angeles Indonesian Film Festival yang Kedua Segera Digelar


Setelah sukses dengan penyelenggaraan perdana Los Angeles Indonesian Film Festival (LAIFF) di bulan September 2014, acara ini pun akan digelar untuk yang kedua kalinya. Tahun ini, LAIFF akan diadakan dari tanggal 10 sampai 12 November 2015 di Regent Theater, Los Angeles.

Mengusung visi dan misi yang sama dengan sebelumnya, LAIFF yang kedua ini membuka kesempatan bagi para pembuat film Indonesia untuk memamerkan karyanya di pusat industri perfilman Amerika Serikat, sekaligus mengembangkan jaringan dengan pembuat film asing.

“Ini adalah kesempatan bagi pembuat film Indonesia untuk menunjukkan bakat mereka di ibukota industri film dunia, di mana para pembuat film yang berbasis di Amerika Serikat dapat mencari tahu lebih banyak mengenai kesempatan untuk membuat film di Indonesia, mengembangkan jaringan mereka, dan bicara secara langsung dengan tokoh-tokoh industri dan para pembuat regulasi,” kata Endah Redjeki, pendiri LAIFF, melalui siaran persnya.

Tahun ini, LAIFF membuka slot bagi 7 film untuk berpartisipasi dalam acara ini. Film-film yang dipilih adalah judul-judul yang telah diputar perdana antara 1 Januari 2014 sampai 12 November 2015. Saat ini, LAIFF masih membuka kesempatan bagi para pembuat film yang tertarik masuk untuk mendaftarkan filmnya.

Selain memutar film panjang, LAIFF juga membuka segmen untuk menampilkan film-film pendek melalui dua programnya.

“Kami punya dua program film pendek: From Indonesia with Love, menghadirkan film-film pendek yang diproduksi di Indonesia oleh pembuat film dari Indonesia; dan From US with Love, menghadirkan film-film pendek yang diproduksi di Amerika Serikat bersama setidaknya satu pembuat film asal Indonesia sebagai kru inti,” kata pendiri dan Director of Program LAIFF, Roland Wiryawan.

Tahun lalu, LAIFF memutar lima film panjang Indonesia, yaitu Sang Penari (Ifa Isfansyah), 9 Summers 10 Autumns (Ifa Isfansyah), Lovely Man (Teddy Soeriaatmadja), Soegija (Garin Nugroho), dan Sokola Rimba (Riri Riza).

Sebanyak 12 judul dari Amerika Serikat dan juga 12 judul dari Indonesia turut meramaikan dua program film pendeknya. Film-film tersebut antara lain seperti Sepatu Baru (Aditya Ahmad), Wan An (Yandy Laurens), Lembar Jawaban Kita (Sofyana Ali Bindiar), dan Kitik (Adhira Anugrah Putra).

Acara yang didukung oleh Badan Perfilman Indonesia (BPI) ini akan merilis daftar pembuat film yang diberangkatkan ke Los Angeles bulan September nanti.

Persyaratan mendaftarkan film untuk LAIFF 2015 dapat dibaca di situs web festival ini.